RAMBUT PUTIH (UBAN) ADALAH CAHAYA


Assalaamu'alaykum
Warohmatullohi
Wabarokatuh.

Uban bagi seorang muslim bukan suatu kehinaan maupun keburukan, tetapi uban adalah sebuah kemuliaan yang diberikan Gusti Allah kepada mereka yang muda maupun yang sudah tua.
Sangat wajar bagi seseorang yang sudah menginjak usia senja, timbul uban pada kepala, muka dan jenggotnya. Itula fase kehidupan yang akan dilewati oleh semua insan yang diberi umur panjang atau lanjut usia.

Sebagaimana Sabda Nabi:

Barangsiapa yang tumbuh uban-nya karena (memikirkan) islam, maka pada hari kiamat dia akan mendapatkan cahaya.
(HR. Ath-Thirmidzi dan An-Nasa'i dari Ka'ab bin Murrah ra)

Dari beberapa riwayat diketahui sebab tumbuhnya uban karena faktor usia, banyak berfikir dan ada pula karena adanya penyakit dan faktor keturunan seseorang.

Abu Bakar ra berkata: Yaa Rasulullah, sungguh rambut engkau sudah beruban,,,

Nabi bersabda: Surat Hud, Al-Waqi'ah, Mursalat, Amma Yatasa'alun (An-Naba') dan Idza Syamsu Kuwwirot (At-Takwir) membuat rambutku beruban.
(HR. Ath-Thirmidzi dan Hakim dari Ibnu Abbas ra)

Dengan adanya uban, maka seorang muslim mendapatkan cahaya dihari kiamat, diberi untuknya kebaikan, diangkat darinya derajat dan dihapus darinya kesalahan . Sebagaimana Sabda Nabi:

Jangan kalian mencabut uban karena uban itu adalah cahaya seorang muslim. Tidaklah seorang muslim tumbuh ubannya karena (memikirkan) islam, melainkan Allah tulis baginya (dengan sebab uban itu) satu kebaikan, diangkat untuknya (dengan sebab uban itu) satu derajat dan dihapus darinya (dengan sebab uban itu) satu kesalahan.
(HR. Ahmad dan Abu Dawud dari Amru bin Syu'aib ra)

2 komentar:

Unknown said...

Renungann yang bermanfaat untuk seluruh pembaca...
Jual Jam Slapia

Unknown said...

makasih wat infonya
obat waasir

Post a Comment